20 Oktober 2008

Terbitnya sebuah buku

Assalamualaikum...salam semuanya

Alhamdulillah..setelah hampir 2 tahun melakukan pengetikan, dan sekian bulan menunggu informasi dari Penerbit Andi Yogyakarta akhirnya terbitlah buku saya yang pertama dengan judul



Tinjauan Buku

Buku setebal 518 halaman ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan akan literatur tentang mikrokontroler keluarga MCS51, khususnya AT89S52 dari Atmel, dan melengkapi buku-buku tentang mikrokontroler yang sudah lebih dahulu terbit, dengan sasaran para penggemar mikrokontroler yang baru belajar atau yang ingin menambah pengetahuannya tentang mikrokontroler.

Pembahasan diawali tentang arsitektur mikrokontroler 8051 standar dan AT89S52 (Bab 2 dan Bab 3) yang menceritakan tentang cara kerja hardware mikrokontroler 8051 dan AT89S52 seperti port-port yang dimilikinya, port serial, timer, interupsi, antarmuka memori dan fungsi-fungsi SFR lainya. Bab selanjutnya (Bab 4) membahas tentang bahasa assembler keluarga MCS51 pokoknya semua perintah-perintah dan cara pemakaianya dibahas di sini.

Bab 5 dan selanjutnya adalah contoh-contoh aplikasi seperti cara menyalakan LED, membaca saklar atau motor DC. Bab 6 secara khusus membahas tentang berbagai macam display yang biasa dipakai, seperti 7 segmen, dot matriks, LCD karakter dan LCD grafik. Bab 7 dan 8 membahas tentang operasi Timer, port serial dan interupsi. Bab, yang menurut saya paling menarik adalah bab 9, di mana mikrokontroler akan dihubungkan dengan "dunia nyata" yaitu dunia analog. Di sini anda akan mendapatkan bagaimana membaca sinyal analog atau membangkitkan sinyal analog....bahkan anda akan mendapatkan bagaimana membuat AT89S52 "berbicara" hanya dengan 2 resistor dan sebuah kapasitor!!! Beneran lho...

Bagi yang seneng membuat jaringan mikrokontroler, bab 10-lah tempatnya. Dengan menggunakan standar RS-485 anda bisa membuat jaringan mikrokontroler. Ya..walaupun tidak secanggih LAN/Ethernet, tapi cukuplah untuk aplikasi-aplikasi yang ekonomis namun cukup handal.....kali??

Di bab terakhir (Bab 11), anda akan mendapatkan sebuah development tool yang dikembangkan sendiri oleh saya. Development tool yang diberi nama Programmer 2.15 adalah sebuah editor yang digabungkan dengan macro assembler dari Metalink dan downloader untuk memprogram memori internal AT89S52. Cuma sayang downloader ini masih menggunakan port paralel (printer) yang sudah mulai menghilang pada komputer-komputer baru. Insya Allah akan dikembangkan downloader yang melalui USB...ide dasar sudah ada dan referensi juga ada tinggal dicoba...mudah-mudahan bisa.

Contoh-contoh program semuanya ada dibuku, kecuali untuk tabel data yang besar hanya ada di CD pendukungnya, dengan tujuan agar pada saat mempelajari program, pembaca tidak perlu menyalakan komputer. Selain itu, dijamin program tidak ada yang dikurangi, sehingga jika dicoba Insya Allah akan jalan..Program-program pendukung yang dibuat dengan Delphi juga disertakan dalam CD pendukung berikut source code-nya. Tapi maaf saya tidak menyertakan source code Programmer 2.15..

Sepertinya akan sangat panjang jika membahas sebuah buku secara detil...mendingan beli aja buku tersebut di toko buku yang terdekat dengan anda..he..he..he. Maaf sedikit berpromosi. Lalu berikan komentar anda melalui blog ini.

Wassalam

2 komentar:

arif mengatakan...

Sy ssudah beli bukunya mas.. isnya bagus banget..

cuma bukunya lagi dipinjam trus cdnya doank yg tertinggal...

CD key nya lupa (ceroboh amat yah).

sy ada dikit pertanyaan bro. apa mesti port 0 di hubungkan ke external pullup meskipun tidak digunakan ?...
(deep.phee@gmail.com)


thanks b4

U-2 Man mengatakan...

To arif

thanks telah membeli buku saya..

bukunya sudah balik?

Klo belum ini CD key-nya
1458-DFG-7896-0JKL

Kalo nga digunakan P0 nga perlu dikasih pullup..

thanks